Follow Us

Satu Indonesia Yakin Cokelat Bisa Kembalikan Mood, tapi Siapa Sangka Makanan Favorit Sejuta Umat Ini Juga Bermanfaat Jaga Kesehatan Tubuh, Gak Percaya?

Dwi Purworahayu - Selasa, 28 Desember 2021 | 13:15
Manfaat makan cokelat
Freepik

Manfaat makan cokelat

GridHype.ID - Sejumlah orang mungkin percaya jika makan cokelat bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

Menariknya, klaim terkait cokelat yang mampu meningkatkan suasana hati ternyata sudah terbukti secara ilmiah, loh.

Melansir Kompas.com, hal tersebut telah dibuktikan oleh satu studi baru yang dimuat dalam The Journal of Nutritional Biochemistry.

Penelitian tersebut menunjukkan, makan cokelat bisa mengembalikan suasana hati sekaligus juga bermanfaat bagi kesehatan fisik.

Hal ini ditemukan dalam sebuah studi terkontrol yang melibatkan peserta berusia 20-30 tahun.

Cokelat hitam (dark chocolate) yang mengandung kakao 85 persen terkait dengan mood yang lebih baik dan usus yang lebih sehat.

Peserta dibagi ke dalam dua kelompok berdasarkan kandungan kakao pada cokelat.

Satu kelompok memakan cokelat hitam yang mengandung 70 persen kakao, sedangkan kelompok lainnya mengonsumsi cokelat hitam dengan 85 persen kakao.

Kedua kelompok sama-sama memakan cokelat hitam itu selama tiga minggu.

Baca Juga: Pasti Nyesel karena Baru Tahu Sekarang, Masker Bawang Merah Ternyata Ampuh Hilangkan Flek Hitam di Wajah, Begini Caranya

Di akhir uji coba, seluruh peserta diukur menggunakan Positive and Negative Affect Schedule (PANAS) untuk melacak perubahan emosi peserta per minggu.

Hasilnya, kelompok peserta yang mengonsumsi cokelat hitam dengan 85 persen kakao mengalami penurunan pengaruh negatif suasana hati.

Source : Kompas.com, Sonora.ID

Editor : Hype

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular