Follow Us

Viral Rancangan Istana Negara Baru Berbentuk Burung Garuda, Sejumlah Asosiasi Arsitek Profesional Justru Sebut Bangunan Tak Mencerminkan Kemajuan Peradaban

Dwi Purworahayu - Kamis, 01 April 2021 | 07:00
Visualisasi rancangan gedung istana negara
kompas.com

Visualisasi rancangan gedung istana negara

Gridhype.ID - Belum lama ini, rancangan bangunan istana negara di ibu kota negara baru menjadi sorotan netizen.

Pasalnya, rancangan bangunan tersebut berbentuk burung garuda yang membentangkan sayap lebarnya.

Melansir dari kompas.com, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti membenarkan konsep rancangan istana negara yang berbentuk burung garuda.

Baca Juga: Viral di TikTok, Beli Minuman Teh Rasa Blackcurrant Bakal Kena Tatapan Sinis Kasir, Kenapa?

"Iya benar, itu salah satu dari rancangan yang diusulkan melalui sayembara, dan desain burung garuda itu karya dari Nyoman Nuarta," kata Diana saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/3/2021).

Diana menjelaskan, rancangan bangunan istana negara yang beredar di media sosial hingga saat ini belum final diputuskan.

Bahkan, rancangan tersebut masih dalam tahap pre-basic design dan akan melalui tahapan-tahapan selanjutnya sebelum ditetapkan.

Baca Juga: Demi Kemanjuran Vaksin Covid-19, Sebelum Disuntik Sebaiknya Hidari Konsumsi Obat-obatan Berikut Ini, Yuk Cari Tahu!

"Pre basic design, itu kan masih gagasannya, belum final jadi masih proses. Jadi setelah pre basic design itu ada namanya basic design, baru setelah itu kita lakukan, dengan perencanaan lagi, jadi masih panjang prosesnya jadi kami masih mengatur itu," jelasnya.

Namun demikian, Diana memastikan bahwa desain burung garuda karya Nyoman Nuarta mendekati kriteria untuk ditetapkan sebagai bangunan istana negara.

"Memang karya Pak Nyoman itu sudah mendekati, tapi finalnya itu masih proses, nanti sampai bulan Agustus," ujar dia.

Namun, rancangan bangunan itu justru menimbulkan pro-kontra dari sejumlah pelaku kesenian dan netizen.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Hype

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular