Follow Us

Heboh Suara Dentuman yang Asalnya Masih Misterius! Seorang Pakar Sebut Bukan dari Anak Krakatau tapi Dugaan dari Gunung Ini

None, Helna Estalansa - Selasa, 14 April 2020 | 16:00
Misteri Dentuman di Langit Jawa dan Sumatera Sempat Dikira Erupsi Gunung Anak Krakatau tapi Ternyata Bukan!
Kompas.com/Nurul Hidayat

Misteri Dentuman di Langit Jawa dan Sumatera Sempat Dikira Erupsi Gunung Anak Krakatau tapi Ternyata Bukan!

GridHype.ID - Beberapa hari yang lalu, sempat heboh adanya suara dentuman yang terdengar cukup keras.

Ya, terdengar suara dentuman yang cukup keras sehingga mengejutkan warga di sejumlah daerah sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Pada Jumat (10/4/2020) sekitar pukul 21.58 WIB, bunyi dentuman tersebut beriringan dengan adanya erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK).

Melansir Kompas.com, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc, dalam keterangan tertulisnya menyebutkan bahwa hal ini tidak ada kaitannya.

Baca Juga: Dentuman Aneh Terdengar pada Sabtu Dini Hari, Warganet Kaitkan dengan Erupsi Gunung Anak Krakatau: Apa Bener Ini karena Erupsi Krakatau?

Kata Rahmat, sejak tadi malam hingga pagi hari ini pukul 06.00 WIB, hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan tidak terjadi gempa tektonik yang kekuatannya signifikan atau cukup besar di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Provinsi Banten.

Meskipun ada aktivitas gempa kecil di Selat Sunda yang aktif saat erupsi Gunung Anak Krakatau terjadi, yaitu pada pukul 22.59 WIB dengan magnitudo M 2,4.

Episenter gempa itu terletak pada koordinat 6,66 LS dan 105,14 BT tepatnya di laut pada jarak 70 km arah Selatan Baratdaya Gunung Anak Krakatau pada kedalaman 13 kilometer.

Namun demikian, rupanya bunyi dentuman tersebu masih menyisakan misteri bagi masyarakat.

Baca Juga: Ramai Warganet Sebut Erupsi Gunung Anak Krakatau Sebabkan Dentuman Keras, Ini Daftar Gunung yang Masuk Level Waspada di Indonesia

Kini justru muncul dugaan bahwa asal dari dentuman tersebut berasal dari Gunung Salak.

Source : GridHot.ID

Editor : Hype

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular