Follow Us

Kenali Lebih Dalam Soal Sujud Sahwi, Simak Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah dan Bacaan Doa Sujud Sahwi Lengkap

None - Kamis, 17 Februari 2022 | 06:15
Ilustrasi Sujud
freepik.com

Ilustrasi Sujud

GridHype.ID - Sujud merupakan salah satu gerakan yang termasuk dalam rukun salat.

sujud diartikan berlutut serta meletakkan dahi ke lantai dan juga sebagai bentuk pernyataan hormat dengan berlutut serta menundukkan kepala sampai ke tanah.

Dalam praktiknya, gerakan ini dilakukan dengan dahi, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan ujung jari kaki yang menempel pada lantai, seperti dalam salat pada umumnya.

Ketika kita melakukan melakukan kesalahan dalam salat, maka bisa dilakukan dengan sujud sahwi.

Dikutip dari Tribunnews.com, Ustaz Khalid Basalamah dalam ceramahnya menerangkan, Sahwi artinya kelalaian.

Bila seseorang dalam salatnya lupa membaca bacaan tertentu atau lupa mengerjakan gerakan tertentu dalam shalat, maka dianjurkan untuk menutupnya dengan sujud sahwi.

Dengan demikian, sujud sahwi berarti sujud yang dilakukan karena lupa membaca bacaan tertentu atau lupa mengerjakan gerakan tertentu dalam shalat.

Ada beberapa sebab-sebab sujud sahwi dilakukan, diantaranya:

Baca Juga: Penderita Asam Urat Bisa Sujud Syukur, Gak Perlu Lagi Beli Obat Mahal, Penyakitmu Bisa Langsung Sembuh Cuma Modal Jahe, Begini Caranya

Karena lupa duduk tahiyat awalKarena ragu-ragu jumlah rakaat yang dikerjakanKarena rakaat yang dikerjakan kurangKarena rakaat yang dikerjakan kelebihan.

Beberapa riwayat yang menceritakan tentang sujud sahwi, yakni:

Artinya: “Apabila salah seorang dari kalian ragu dalam salatnya, dan tidak mengetahui berapa rakaat dia salat, tiga ataukah empat rakaat, maka buanglah keraguan dan ambillah yang yakin.

Source : Tribunnews.com

Editor : Hype

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular