Follow Us

Hewan Peliharaan Perlu Disuntik Vaksin Covid-19, Begini Kata Para Ahli

Helna Estalansa - Selasa, 26 Januari 2021 | 18:00
Ilustrasi vaksin virus corona
Freepik

Ilustrasi vaksin virus corona

GridHype.ID - Menurut sekelompok ilmuwan, hewan peliharaan mungkin perlu disuntik vaksin Covid-19 untuk menekan penyebaran virus corona.

Para ilmuwan dari Universitas East Anglia (UEA), Norwich Institut Earlham dan Universitas Minnesota mengatakan virus corona dapat menginfeksi berbagai hewan peliharaan termasuk kucing, anjing, hamster dan yang lainnya.

Dalam jurnal Virulence, mereka menulis bahwa evolusi lanjutan dari virus pada hewan yang diikuti oleh penularan ke manusia.

Hal ini akan menimbulkan risiko jangka panjang yang signifikan bagi kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Tak Sembarangan, Inilah Orang yang Tak Bisa Divaksin Covid-19 Sinovac

“Tidak terpikirkan bahwa vaksinasi pada beberapa spesies hewan peliharaan mungkin diperlukan untuk menekan penyebaran infeksi Covid-19,” kata mereka.

Tahun lalu, pemerintah Denmark memusnahkan jutaan cerpelai (mink) setelah terungkap bahwa ratusan kasus Covid-19 di negara itu dikaitkan dengan varian virus corona yang terkait dengan cerpelai yang dikembangbiakkan.

Salah satu penulis artikel, Cock van Oosterhout, profesor genetika evolusioner di UEA, mengatakan bahwa anjing dan kucing dapat tertular virus corona tetapi tidak ada kasus yang diketahui di mana ada penularan kembali ke manusia.

Baca Juga: Mengapa Seseorang Bisa Terjangkit Covid-19 Meski Sudah Divaksin?

“Masuk akal mengembangkan vaksin untuk hewan peliharaan sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko ini,” katanya.

“Apa yang kita butuhkan sebagai masyarakat, kita benar-benar perlu bersiap untuk segala kemungkinan ketika melawan pandemi ini.

Saya pikir cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mempertimbangkan pengembangan vaksin untuk hewan juga.

Source : mirror.co.uk

Editor : Hype

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular