Follow Us

Awas! 7 Penyakit Ini Bisa Muncul Akibat Diabetes yang Tak Diobati

None, Nabila N C - Senin, 17 Februari 2020 | 07:03
Tujuh penyakit berisiko muncul bila diabetes tidak dikelola dengan baik.
pixabay/Steve Buissinne

Tujuh penyakit berisiko muncul bila diabetes tidak dikelola dengan baik.

GridHype.ID - Bukan jumlah yang sedikit pengidap penyakit diabetes di Indonesia.

Menurut hasil penelitian Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) dari Kemenkes RI pada tahun 2013, sekitar 12 juta penduduk Indonesia yang berusia di atas 15 tahun kena diabetes tipe 2.

Belum lagi riset berjudul Diabetes In Asia: Empowering Communities To Lead Healthier Live, menunjukkan sekitar 6,7% atau setara dengan 10,3 juta masyarakat Indonesia menderita diabetes dengan rentang usia 20 - 79 tahun.

Baca Juga: Tak Perlu Rogoh Kocek Mahal Buat Beli Skincare, Coba Rahasia Berikut!

Dari penelitian yang sama juga didapati bahwa 24,4% penduduk Indonesia mengalami kelebihan berat badan, 5,7% tergolong obesitas, dan 22,8% berisiko terkena diabetes karena kurangnya aktivitas fisik.

Sayangnya, sebagian besar dari kita masih beranggapan bahwa diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan saja.

Baca Juga: Raup Keuntungan Rp1,6 Miliar, Dokter yang Dipecat dari PNS Ini Tak Kapok Buka Klinik Aborsi

Padahal, penyakit ini juga bisa terjadi karena pengaruh dari gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini diungkapkan oleh dr. Dante Saksono Harbuwono Sp.PD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam FKUI/RSCM.

“Hasil survei FKUI RSCM-Divisi metabolik endokrin menemukan 1 dari 8 orang di Jakarta terkena diabetes, dan 2 dari 3 orang yang terkena diabetes tidak mengetahui kalau dirinya terkena diabetes,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (14/11/2019).

Begitu kita mengidap diabetes, maka tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya. Hal yang bisa kita lakukan hanyalah menjalankan pola hidup sehat agar gula darah tetap terkontrol.

Baca Juga: Diduga Alami Depresi, Penyebab Meninggalnya Caroline Flack?

Selain agar gula darah tetap terkontrol, menerapkan pola hidup sehat saat menderita diabetes juga sangat penting.

Source : Grid Health

Editor : Hype

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular