Aneka Tips Kesehatan, WASPADA Jika Tubuh Mulai Rasakan Tanda-tanda Ini, Ternyata Segini Batas Aman Minum Kopi agar Tak Ketergantungan Kafein

Selasa, 06 September 2022 | 20:30
Getty Images/juanma hache

Ilustrasi kopi

GridHype.ID - Aneka tips kesehatan,jangan sampai tubuh ketergantungan kafein akibat terlalu banyak minum kopi.

Memang, kafein dalam kopi bisa membuat Anda tetap waspada dan terhindar dari kantuk.

Tak heran jika kopi yang mengandung kafeinjadi pilihansejumlah orang untuk memberikan energi lebih banyak.

Namun perlu diketahui,konsumsi kafein yang melebihi batas wajar bisa membuat Anda menjadi ketergantungan.

Ini bisa membuat Anda jadi kesulitan menjalani hari tanpa adanya asupan kafein dalam jumlah tertentu.

Ketergantungan kafein memang tidak memiliki bahaya yang besar.

Namun, efek yang terjadi ketika asupan kafein tidak terpenuhi ternyata cukup membuat tidak nyaman.

Melansir Kompas.com, berikut adalah tanda-tanda ketergantungan kafein yang perlu Anda waspadai.

1. Sakit kepala

Menurut penelitian dalam jurnal Human Brain Mapping pada tahun 2009, kafein bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke otak melambat.

Dengan kata lain, menghentikan asupan kafein bisa membuat pembuluh darah melebar sehingga aliran darah ke otak juga semakin meningkat.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Rahasia Bebas Penyakit Mematikan Ternyata Cukup Olah Daun Kelor Jadi Seperti Ini, Siap-siap Tubuh Alami Perubahan Menakjubkan

Ketika Anda tidak mengonsumsi kafein atau mengurangi jumlahnya, sakit kepala akan muncul, namun akan hilang dalam beberapa hari ketika otak sudah mampu beradaptasi.

2. Kelelahan

Konsumsi kafein akan memberikan efek positif terhadap peningkatan energi dan penurunan rasa lelah.

Namun jika sudah ketergantungan kafein, kurangnya asupan kafein bisa membuat tubuh terasa lelah dan sangat mengantuk.

3. Cemas

Melansir Healthline, ketergantungan kafein juga bisa dilihat dari rasa cemas yang timbul ketika asupan kafein tidak terpenuhi.

Hal ini terjadi ketika tubuh sudah sangat mengandalkan asupan kafein secara mental dan fisik sehingga rasa cemas akan meningkat jika tidak mengonsumsi kafein.

4. Sulit berkonsentrasi

Hasil penelitian di dalam Jurnal Translational Psychiatry di tahun 2015 menunjukkan bahwa kafein berfungsi untuk meningkatkan aktivitas dopamin, norepinefrin, serta adrenaline.

Healthline menjelaskan bahwa kombinasi ketiganya membuat aktivitas jantung dan tekanan darah meningkat sehingga level konsentrasi serta kewaspadaan juga meningkat.

Jika konsumsi kafein dibatasi, maka akan membuat tubuh sulit untuk berkonsentrasi karena sudah terbiasa dengan rangsangan yang diberikan oleh kafein.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Banyak yang Gak Sadar Jika Sawi Putih Bisa Bikin Asam Urat Minggat, Masak dengan Cara Seperti Ini

5. Merasa murung

Tidak hanya itu saja, Healthlinemenjelaskan bahwa ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi kafein bisa meningkatkan suasana hati dengan lebih baik, bahkan menghindarkan dari rasa depresi.

Oleh karena itu, rasa murung akan langsung terasa ketika konsumsi kafein tidak tercukupi atau dihentikan secara tiba-tiba.

Batas Aman Jumlah Asupan Kopi Setiap Hari

Melansir Alodokter.com, kopi sebenarnya cukup aman dikonsumsi, asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

Secara umum, batas aman konsumsi kopi untuk orang dewasa adalah sekitar 4 cangkir per hari atau setara dengan 400 mg kafein per hari.

Sementara itu, ibu hamil atau menyusui juga boleh mengonsumsi kopi, tapi batasnya lebih rendah, yaitu maksimal 200 mg kafein atau setara dengan 2 cangkir kopi per hari.

Namun, agar lebih aman, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi setiap hari, terlebih jika memiliki riwayat penyakit atau masalah kesehatan tertentu.

Seperti sakit maag, tekanan darah tinggi, gangguan bipolar, epilepsi, penyakit asam lambung, atau irritable bowel syndrome (IBS).

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Hati-Hati Benjolan di Selangkangan Bisa Jadi Tanda Bahaya, Berikut Penyebab dan Cara Megatasinya

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Alodokter.com

Baca Lainnya