Titik Terang Kasus Subang, Polisi Akhirnya Ungkap Sketsa Wajah Terduga Pelaku Pembunuhan Ibu dan Anak, Reaksi Keluarga Korban Mengejutkan

Kamis, 30 Desember 2021 | 21:00
Tribun Jabar.id/Dwiki Maulana

TKP pembunuhan ibu dan anak di Kampung Ciseuti, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

GridHype.ID - Penyelidikan polisi terkait kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang masih terus bergulir.

Meski demikian, nampaknya kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang ini telah menemui titik terang.

Ya, setelah lebih dari empat bulan penyelidikan, polisi akhirnya mengungkap sketsa wajah terduga pelaku pembunuhan ibu dan anak di Subang.

Dalam sketsa wajah tersebut, identitas terduga pelaku pembunuhan itu dirincikan mulai dari bentuk wajah hingga jenis pakaian yang dipakainya.

Melansir TribunJabar.ID, sketsa wajah tersebut didapat penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi serta bantuan tim inafis Bareskrim Polri.

"Sketsa wajah dari terduga yang potensial dalam kasus tersebut. Sketsa wajah ini hasil dari tim inafis Bareskrim," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar, Kombes Yani Sudarto di Polda Jabar, Rabu (29/12/2021).

Polisi mengakui ada kesulitan dalam mengungkap pelaku sehingga penyelidikannya membutuhkan waktu lebih lama. Lebih dari 4 bulan kasus geger di Subang ini belum terungkap.

"Kenapa kasus ini tingkat kesulitannya sangat tinggi, karena sampai saat ini penyidik belum dapat memastikan dua alat bukti," ujar dia.

Dia menambahkan, polisi sudah memanggil 69 saksi untuk dimintai keterangan.

15 orang diantaranya saksi dari keluarga dan 11 tidak ada kaitan dengan peristiwa namun dirasa perlu untuk dimintai keterangan.

"Kemudian pemeriksaan ahli sudah ada tujuh pemeriksaan, kemudian analisa IT termasuk analisa terhadap cctv yang kurang lebih ada 40-50 titik sepanjang 50 km," katanya.

Baca Juga: Masih Bungkam Meski Hampir 4 Bulan Berjalan, Polisi Ternyata Sudah Kantongi Nama-nama Tersangka Kasus Pembunuhan di Subang, Kapan Diumumkan?

10 Ciri Identik Pelaku Kasus Subang

Sketsa wajah tersebut dibuat dalam posisi menyamping dan membelakangi.

Dari samping, terduga pelaku itu terlihat wajah terduga pelaku memiliki dagu lancip dengan bentuk muka oval.

Berikut ini perincian identifikasi sketsa wajah pelaku :

Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman

Sketsa wajah terduga pelaku pembunuhan Tuti dan Amalia di Subang.

Nama: Mr X

Jenis Kelamin: laki-laki

Usia: 30 tahun

Bentuk muka: Oval

Bentuk dagu: Lancip

Warna rambut: hitam

Hidung: lurus

Bentuk badan: sedang

Warna kulit: putih bersih

Informasi lain: Memakai kemeja kotak-kotak hitam garis putih.

Baca Juga: Sudah Lebih Dari Seratus Hari, Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Dapatkan 55 Saksi, Sosok Ini Beri Keterangan Meragukan hingga Harus Jalani Tes Kejiwaan

Reaksi Yosef

Yosef (55), suami sekaligus ayah korban perampasan nyawa ibu dan anak di Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, itu mengaku tidak mengenal sosok sketsa wajah pelaku.

Hal tersebut diungkapkan Yosef saat setelah mendatangi makam kedua korban bersama dengan anak tertuanya, yakni Yoris (34).

"Saya tidak mengenal yang ada di sketsa. Memang tidak jelas juga sketsa wajahnya kayak gimana," ucap Yosef kepada TribunJabar.id di TPU Istuning, Jalancagak, Kabupaten Subang, Rabu (29/12/2021).

Biarpun seperti itu, Yosef menyambut baik Polda Jabar yang merilis sketsa wajah dari pelaku perampasan nyawa Tuti Suhartini (55) serta Amalia Mustika Ratu (23).

"Allhamdulilah, perasaan saya saat ini sudah mulai tenang dengan adanya sketsa wajah."

"Ditambah saat ini hubungan saya bersama dengan anak saya sudah berjalan baik," katanya.

"Semoga kasus ini segera terungkap setelah ada titik terang dengan adanya sketsa wajah dari pelaku," tambahnya.

Sebelumnya, kuasa hukum Danu, Achmad Taufan, turut mengomentari sudah adanya sketsa wajah pelaku yang dirilis polisi.

Baca Juga: Fakta Baru Kasus Subang, Polisi Berhasil Temukan Ponsel Amalia yang Hilang Sejak Awal Tragedi Pembunuhan, Selama Ini Disimpan Saksi Kunci?

"Tanggapan kami sebagai kuasa hukum Danu ini merupakan kesyukuran dan apresiasi kami kepada kepolisian.

Artinya progres pengungkapan kasus pembunuhan di Subang sangat baik dan insyaallah dalam waktu dekat sudah bisa diungkapkan siapa pelaku dan motif dari pembunuhan ini," ucap Taufan kepada TribunJabar.id melalui pesan singkat Whatsapp, Rabu (29/12/2021).

Dengan demikian, menurut Taufan, harapan dari rakyat Indonesia yang mengikuti perkembangan dari kasus kematian Tuti Suhartini (55) serta Amalia Mustika Ratu (23) ini akan segera terjawab.

"Ini semua merupakan harapan kita semua mengingat saksi-saksi semua sudah diperiksa dalam berita acara pemeriksaan di Polres Subang dan Polda Jabar," katanya.

Targetkan Awal 2022 Terungkap

Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana, mengatakan, dalam mengungkap satu perkara tidak selalu cepat.

"Memang dalam pengungkapan satu perkara itu tergantung bukti-buktinya, ada yang cepat dan lama, seperti kasus perampokan my bank itu cepat," ujar Suntana, di Polda Jabar, Rabu (29/12/2021).

Sementara untuk kasus Subang, ia menargetkan secepatnya terungkap diawal tahun 2022.

"Untuk kejadian di Subang mohon doanya target saya awal tahun ini penyidik sedang mengumpulkan fakta-faktanya. Mohon kesabarannya, saya berkomitmen terhadap kasus ini," katanya.

Baca Juga: Diduga Sempat Rusak TKP Kasus Subang, Barang Temuan Danu Nyatanya Belum Diperiksa Polisi, Achmad Taufan: Ini Sangat Penting Bagi Penyidik

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : TribunJabar.ID

Baca Lainnya